Skip to main content

Latihan Soal UN SMA IPA (Bentuk Pangkat)

Kisi-kisi ujian nasional dari tahun ke tahun hampir sama. Tipe soal dari tahun ke tahun juga hampir sama. Kunci sukses untuk mendapatkan nilai ujian nasional maksimal terutama mata pelajaran matematika adalah perbanyak latihan soal. Materi pertama yang diujikan di ujian nasional adalah bentuk pangkat. Berikut ini adalah materi bentuk pangkat dan disajikan latihan soal-soal ujian nasional tentang materi tersebut.

Bentuk Pangkat
Bentuk pangkat atau biasa disebut eksponen adalah perkalian bilangan yang sama secara berulang. Secara umum, bentuk pangkat biasa dituliskan  artinya perkalian bilangan a sebanyak n kali. Bentuk perpangkatan dengan a disebut sebagai basis dan n disebut sebagai pangkat.

Sifat-sifat pangkat:
  1. Jika suatu bilangan dipangkatkan dengan 0, maka hasilnya adalah 1. Contoh: ,  .
  2. Jika suatu bilangan dipangkatkan dengan 1, maka hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Contoh: ,  .
  3. Jika 1 dipangkatkan dengan bilangan berapapun, hasilnya tetap 1. Contoh: ,  .
  4. Jika suatu bilangan dipangkatkan dengan suatu bilangan negative, maka berlaku:  . Contoh:  .
  5. . Contoh:  .
  6. . Contoh:  .
  7. . Contoh:  .
  8. . Contoh:  .
  9. . Contoh:  
Demikian ringkasan materi bentuk pangkat. Di bawah ini disajikan soal-soal materi bentuk pangkat tipe-tipe ujian nasional. Untuk mendownload soal, klik disini.

Semoga bermanfaat yaa ....

Baca juga:
Latihan Soal UN SMA IPA (Bentuk Akar)
Latihan Soal UN SMA IPA (Logaritma)
Latihan Soal UN SMA IPA (Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers)
Latihan Soal UN SMA IPA (Persamaan dan Fungsi Kuadrat)
Latihan Soal UN SMA IPA (Persamaan Linier)
Latihan Soal UN SMA IPA (Pertidaksamaan Linier)
Latihan Soal UN SMA IPA (Program Linier)
Latihan Soal UN SMA IPA (Matriks)
Latihan Soal UN SMA IPA (Barisan dan Deret)
Latihan Soal UN SMA IPA (Limit Aljabar)
Latihan Soal UN SMA IPA (Integral dan Aplikasinya)
Latihan Soal UN SMA IPA (Turunan dan Aplikasinya)
Latihan Soal UN SMA IPA (Perbandingan dan Fungsi Trigonometri)
Latihan Soal UN SMA IPA (Aturan Sinus Kosinus)
Latihan Soal UN SMA IPA (Dimensi Tiga)
Latihan Soal UN SMA IPA (Lingkaran)
Latihan Soal UN SMA IPA (Statistika)
Latihan Soal UN SMA IPA (Transformasi Geometri)
Latihan Soal UN SMA IPA (Kaidah Pencacahan)
Latihan Soal UN SMA IPA (Peluang)
Latihan Soal UN SMA IPA (Integral Trigonometri)
Latihan Soal UN SMA IPA (Limit Trigonometri)
Latihan Soal UN SMA IPA (Suku Banyak)
Latihan Soal UN SMA IPA (Vektor)

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal UN SMA IPA (Persamaan dan Fungsi Kuadrat)

Kisi-kisi ujian nasional dari tahun ke tahun hampir sama. Tipe soal dari tahun ke tahun juga hampir sama. Kunci sukses untuk mendapatkan nilai ujian nasional maksimal terutama mata pelajaran matematika adalah perbanyak latihan soal. Materi pertama yang diujikan di ujian nasional adalah persamaan dan fungsi kuadrat. Berikut ini adalah materi persamaan dan fungsi kuadrat dan disajikan latihan soal-soal ujian nasional tentang materi tersebut. Persamaan dan Fungsi Kuadrat Persamaan Kuadrat Misalkan a, b,c  anggota himpunan bilangan real, maka bentuk umum persamaan kuadrat adalah:   Dalam persamaan tersebut, a  adalah koefisien dari , b  adalah koefisien dari , dan c  disebut konstanta. Nilai  yang memenuhi persamaan kuadrat  disebut penyelesaian atau akar dari persamaan kuadrat. Selanjutnya, himpunan yang beanggotakan akar-akar atau penyelesaian persamaan kuadrat disebut himpunan penyelesaian persamaan kuadrat. Cara Menentukan Akar-Akar Persamaan Kuadrat 1.       P

Latihan Soal UN SMA IPA (Program Linier)

Untuk mendownload soal, klik disini Baca juga: Latihan Soal UN SMA IPA (Bentuk Pangkat) Latihan Soal UN SMA IPA (Bentuk Akar) Latihan Soal UN SMA IPA (Logaritma) Latihan Soal UN SMA IPA (Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers) Latihan Soal UN SMA IPA (Persamaan dan Fungsi Kuadrat) Latihan Soal UN SMA IPA (Persamaan Linier) Latihan Soal UN SMA IPA (Pertidaksamaan Linier) Latihan Soal UN SMA IPA (Matriks) Latihan Soal UN SMA IPA (Barisan dan Deret) Latihan Soal UN SMA IPA (Limit Aljabar) Latihan Soal UN SMA IPA (Integral dan Aplikasinya) Latihan Soal UN SMA IPA (Turunan dan Aplikasinya) Latihan Soal UN SMA IPA (Perbandingan dan Fungsi Trigonometri) Latihan Soal UN SMA IPA (Aturan Sinus Kosinus) Latihan Soal UN SMA IPA (Dimensi Tiga) Latihan Soal UN SMA IPA (Lingkaran) Latihan Soal UN SMA IPA (Statistika) Latihan Soal UN SMA IPA (Transformasi Geometri) Latihan Soal UN SMA IPA (Kaidah Pencacahan) Latihan Soal UN SMA IPA (Peluang) Latihan Soal UN SMA IPA (Integral Trigon